Tips Bisnis Untuk Pemula

Memulai bisnis di masa resesi seperti sekarang ini tentu membutuhkan pertimbangan yang matang. Mula-mula kita akan berpikir: binis apa ya? Lalu berlanjut: jual kemana atau ke siapa? Dan biasanya berakhir pada: modalnya berapa?

"Kok malah modalnya urusan belakangan?"

Iya. Modal itu memang seharusnya dipikir belakangan. Setelah konsep bisnisnya oke, baru dicari modalnya. Modal tidak harus 100% dari kocek kita. Bisa dari kerjasama, bisa dari program start up, bisa dari bantuan pemerintah, bisa dari hadiah lomba. Contohnya ikut lomba menulis blog yang diadakan Paxel. Hadiahnya jutaan lho, bisa buat tambahan modal usaha.



Ini namanya sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui. Kita bisa memperkenalkan produk kita ke pembaca, sekaligus mendapat suntikan modal jika menang. Voila!

Eh. Wait. Ada yang belum kenal Paxel? 😱
Itu lho. Ekspedisi one day/same day delivery dengan tarif flat serta Hero (kurir Paxel) yang sopan dan memperlakukan paket kita dengan lembut (no lempar-lempar club).

Umumnya UMKM yang bergerak di bisnis frozen food sudah familiar dengan Paxel. Soalnya di Paxel Home tersedia freezer dan chiller. Jadi selama transit, paket makanan beku tetap aman.

Nah, di masa pandemi seperti ini, orang cenderung memilih makan di rumah. Selain faktor kesehatan, faktor aturan dari pemerintah tentang larangan makan di tempat juga menjadi pertimbangan. Tak heran jika bisnis frozen food berkembang pesat. Bahkan resto ternama juga tidak melewatkan peluang ini. Mereka membuat paket-paket makanan siap saji dalam vacum pack.

"Tapi kan sekarang resesi. Apa orang masih mau jajan?"

Tentu saja masih. Buktinya produk Stuffed Crab (Olahan Kepiting) laris. Ada aja yang order. Rata-rata yang beli orang Jakarta. Dengan menggunakan Paxel, kirim hari ini dari Semarang (Martha tinggal di Semarang, -red), besok sudah sampai Jakarta. Kondisi barang oke. Artinya tidak basi atau busuk. Ya itu tadi. Paket disimpan dulu di freezer atau chiller milik Paxel, sehingga kondisi barang diterima oleh pembeli dengan memuaskan.




Lagian, di masa resesi seharusnya orang tidak menyimpan uangnya. Karena itu akan menyebabkan ekonomi tidak berputar. Nanti jadi terdampak semua deh kalau roda ekonomi macet.

Tips memulai usaha bagi pemula:
1. Mulailah dari yang kita paham. Pilih bisnis yang kita sudah cukup familiar, sehingga tidak perlu belajar terlalu banyak.

Misal orang tua kita buka warung. Kita bisa coba mengembangkan menu baru atau metode penjualan baru dari produk di warung ortu.

2. Pelajari teori bisnis sedikit saja, jangan terlalu lama. Alih-alih mulai usaha, bisa-bisa malah kita gak jadi dagang karena kebanyakan teori. Langsung action!

3. Tes pasar. Cobalah menawarkan dagangan lewat status wa atau facebook. Perhatikan respon pembaca status.

4. Mulai dari sedikit dulu. Sesuaikan rencana bisnis kita dengan modal yang ada. Tidak perlu memaksakan diri untuk langsung punya tempat. Jualan dari rumah adalah sesuatu yang sangat mungkin.

5. Jangan hutang. Kebayang gak kalau bisnis belum jalan tapi sudah dibayang-bayangi hutang? Secara teori kita bisa bayar, tapi kan namanya bisnis bisa untung bisa rugi. Maka back to poin nomor 4: seadanya dulu.

Itu dia 5 tips dari Martha. Kalau masih ragu atau belum ada gambaran, coba klik tulisan NEXT di bawah. Martha jelasin lebih detail gimana cara bisnis dari rumah, dengan modal minim, dan gak perlu stok barang ataupun kejar target.





Komentar

  1. Bisnis frozen food emang lagi rame2nya ya sekarang..karena orang2 butuh nyetok bahan makanan yg tahan lama biar ga dikit2 ke luar rumah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak. Saya tadinya agak ragu sama stuffed crab. Harganya tergolong mahal menurut saya. Tapi nyatanya ya adaaa aja yg beli.

      Hapus
  2. Iya sebaiknya mulai daripada nunggu lagi malah terlewat momennya..

    BalasHapus
  3. Aku ya mulai jualan frozen food nih Martha, tapi masih reseller nih, belum berani nyetok sendiri.
    Sukses terus untuk stuffed crab-nya ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasi mbaa. Sukses juga untuk frozen foodnya yaa.

      Hapus
  4. Jualan di rumah nggak kalah seru kok, aku juga jualan di rumah dan alhamdulillah masih bisa enjoy, tapi emang jadi harus sering bebersih sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jozz. Setidaknya anggaran untuk sewa tempat bisa ditekan ya Ami.

      Hapus
  5. Wah jualan stuffed crab yang lagi viral ya, harus sehari nyampe ya kalo kirim keluar kota. Sukses ya usahanya. Aku jadi ingat pernah beli ayam Frozen, enak loh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba. Merambah ke kepiting sama pempek nih 😁

      Hapus
  6. Trims tips2 nya mba..insya Allah berguna utk pembaca nih. BTW, jd oenasaran dg olahan kepitingnya nih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tinggal digoreng pake telor kalo mau olahan yang sederhana mba.

      Hapus
  7. Makasih tipsnya Mbak.... Aku pun pengen bisnis frozen ffrozen food, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cus mba. Ini moment yang pas buat bisnis frozen food.

      Hapus
  8. Seafood kesukaanku banget mba Martha

    BalasHapus

Posting Komentar